oleh

Cegah Tindak Kriminalitas Melalui Kegiatan Patroli Malam

Polres Pekalongan – Personil polsek Talun dipimpin Ka SPK Aipda Eko Warso, bersama anggota piket jaga, hari Selasa (05/01/2021) 01.00 wib dini hari melaksanakan kegiatan tugas rutin BLP/ Blue Light Patrol atau patroli malam hari dengan menggunakan sarana KBM roda 4 patroli back bone.

Kegiatan BLP tersebut telah secara rutin dilaksanakan setiap harinya, adapun sasaran patroli yaitu orang, barang, tempat serta aktifitas kemasyarakat yang didapati oleh petugas pada malam hari. Rute patroli sendiri telah ditentukan pada rencana kegiatan yang terjadwal sebelumnya, dimana kedua petugas kemudian mengambil rute patroli diawali keluar dari mapolsek Talun, selanjutnya menempuh rute sepanjang jalan raya Talun, dimana pada lokasi tersebut banyak terdapat perkantoran, pertokoan dan pemukiman warga penduduk dan dilanjutkan ke Desa Jolotigo.

Ambang gangguan kamtibmas berpotensi terjadi pada dini hari, dimana waktu tersebut digunakan oleh mayoritas seluruh masyarakat untuk beristirahat, sehingga berpontesi dapat terjadinya tindak kejahatan seperti tindak pidana pencurian, tindak pidana street crime/ kejahatan jalanan. Oleh karena itu polsek talun selalu berkomitmen untuk hadir guna memberikan rasa aman dengan tetap melaksanakan kegiatan patroli malam.

Oleh Kapolsek Talun dijelaskan bahwa maksud dan tujuan kegiatan BLP tersebut adalah sebagai upaya himbauan, pencegahan bahkan dapat dilakukan upaya penegakkan hukum apabila didapati sedang terjadi peristiwa tindak pidana. Selain itu kopolsek berpesan dan mengharapkan peran serta seluruh warga masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan masing – masing dari tindak kriminalitas, salah satunya adalah seluruh warga agar aktif dan lebih ditingkatkan melaksanakan poskamling/ pos keamanan lingkungan. (faroz)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed