Beranda Uncategorized Cegah Peredaran Petasan, Kapolres Pekalongan Maksimalkan Anggota Bhabinkamtibmas Untuk Deteksi Dini

Cegah Peredaran Petasan, Kapolres Pekalongan Maksimalkan Anggota Bhabinkamtibmas Untuk Deteksi Dini

32
BERBAGI

Polres Pekalongan – Guna untuk mencegah terjadinya korban akibat petasan sekaligus untuk memberikan rasa nyaman menjelang perayaan Natal dan tahun baru, Kepolisian Resor Pekalongan akan menindak tegas produsen maupun penjual petasan yang tidak berizin.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasubbag Humas Bag Ops Polres Pekalongan AKP M. Dahyar mengatakan, pihaknya telah memerintahkan kepada Polsek jajaran untuk memaksimalkan petugas dilapangan guna melakukan tindakan preventif serta sosialisasi akan bahaya serta larangan penggunaan petesan.

“Rencananya 71 anggota Bhabinkamtibmas akan kita maksimalkan di lapangan sebagai pendeteksi dini dengan melakukan langkah preventif agar nantinya masyarakat tidak memperjualbelikan petasan. Polisi tidak akan segan-segan menindak tegas jika upaya preventif dan humanis tidak dihiraukan,” kata AKP M. Dahyar.

Menurutnya, peredaran kembang api dengan ukuran tertentu harus memiliki izin sesuai undang-undang dan peraturan kapolri yang menyebutkan bahwa bunga api yang ukurannya diatas 2 inci hingga 8 inci harus memiliki izin.

Kasubbag Humas Polres Pekalongan menambahkan, pihaknya akan terus melakukan razia berkala. Dengan harapan nantinya di wilayah Kabupaten Pekalongan bisa aman dari gangguan letusan petasan serta gangguan kamtibmas lainnya, tambah AKP M. Dahyar.

“Kami dari pihak Kepolisian khususnya Polres Pekalongan akan lebih mengintensifkan patroli untuk merazia produk petasan yang dianggap berbahaya dan mengusik ketentraman masyarakat. Dan apabila ada pelaku yang bersalah memproduksi ataupun memperjualbelikan petasan tanpa izin, akan kami jerat dengan Undang-undang darurat yang ancaman hukuman penjara 5 tahun,” tegas Kasubbag Humas. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI