oleh

Cegah Kematian Ibu dan Bayi, Kecamatan Talun Adakan Pengukuhan Pengurus GEN PESAT Program  GEMA SETIA

Polres Pekalongan – Gerakan Masyarakat Stop Kematian Ibu Melahirkan dan Anak atau Gema Setia yang diinisiasi oleh tim penggerak PKK Kabupaten Pekalongan menargetkan Kabupaten Pekalongan zero Kematian Ibu Hamil Dan Balita.

Acara pengukuhan pengurus  GENPESAT tersebut dihadiri oleh ibu Munafah Asif Kholbihi dan berbagai unsur kesehatan Kabupaten Pekalongan, yang dilanjutkan dengan acara bazar sehat berupa donor darah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis (tekanan dan gula darah, kolesterol serta hipertensi).

GENPESAT sendiri yang merupakan anak cabang dari GEMA SETIA adalah organisasi yang dibentuk sebagai wadah pemberdayaan pemuda yang sadar dan perduli serta menjadi bagian dari penggerak hidup sehat, yang dalam kegiatan operasionalnya menggunakan Dana Desa T.a 2020.

Memiliki misi sebagai berikut pembinaan calon pengantin (sebelum mendapat sertifikat menikah), penjaringan / rikes terhadap calon siswa SD, SMP dan SMA saat mendaftar sekolah, kampanye anti narkoba dan bebas rokok di lingkungan sekolah, pengoptimalan Saka Bhakti Husada (SBH) dan ajakan kepada pemuda untuk waspada Jentik (menggugah kesadaran akan bahaya Demam berdarah).

Kegiatan yang digelar di aula Kec Talun.  tersebut di hadiri oleh Camat Talun Suprayitno, S.Sos Kapolsek Talun Iptu Edi yuliantoro, S.H yang diwikili oleh Kasium Polsek Talun Bripka Arif M.S, S.H., Koramil Talun diwakili oleh Serka Sumantri dan Kadin Kes Kab. Pekalongan Setiawan Dwi Antoro, S.KM, M.Kes serta Ibu Kiki Amalia Suprayitno ketua Gen Pesat Kec. Talun dan selaku ketua GEMA SETIA  bu Munafah Asif Kholbihi, Kamis (28/11).

“Kemitraan adalah suatu kerja sama, dan Pemerintah sangat berharap dengan adanya kemitraan angka kematian ibu dan bayi dapat dihindari, kami selaku wakil Pemerintah berpesan kepada semua peserta evaluasi ini agar dapat mendukung program GEMA SETIA ini demi mewujudkan generasi yang berkwalitas serta tidak ada lagi kematian ibu dan bayi saat melahirkan,” kata Camat Talun Suprayitno.

Adapun upaya yang  dilakukan dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan bayi ini, pihaknya tidak hanya dengan mengingatkan para suami dan keluarga dari Ibu hamil saja akan tetapi mengajak seluruh stakeholder terkait utk ikut peduli terhadap bumil. Baik melalui sosialisasi penyuluhan ksehatan, mengingatkn bumil untuk pemeriksaan secara teratur  juga dan konsultasi kepada bidan desa terkait kehamilan

“Kegiatan ini merupakan suatu tindak lanjut dari program kemitraan gema setia  , mengingat semua ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan bayi berisiko terhadap terjadinya kematian, maka ibu dan anak harus diperiksa oleh tenaga kesehatan yang memang berkompeten di bidangnya,” jelasnya.

“Kegiatan kemitraan ini tidak akan bisa berjalan sesuai dengan baik dan sesuai harapan jika tanpa adanya dukungan dari seluruh lintas sektor terkait seperti pelaksanaan pertemuan kemitraan  yang dilaksanakan oleh Kec Talun,” tutur Setiawan Dwi Antoro.

Kepada seluruh bidan diharapkan memaksimalkan pelaksanaan program ini, melalui peningkatan kerjasama dengan lintas sektor terkait dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya, sejauh mana program kemitraan sudah berjalan, yang ditandai dengan semua persalinan bisa ditolong oleh tenaga kesehatan yang kompeten.

Kapolsek Talun Iptu Edi yuliantoro, S.H melalui Kasium Bripka Arif saat dikonfirmasi usai giat evaluasi kemitraan menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan yang digagas oleh Panitia Dari Kecamatan Talun serta  Puskesmas Talun  atas dasar masih adanya kasus kematian Ibu dan bayi pada masa persalinan, dan semoga dengan terlaksananya komitmen kemitraan ini tidak ada lagi kasus ibu dan bayi yang meninggal saat melahirkan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan komitmen kemitraan yang digegas oleh Kecamatan  Talun . Dengan begitu nantinya sama-sama bisa memberikan pemahaman bagaimana tata cara kerja sama maupun koordinasi yang bersinergi sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Kasium Polsek Talun Bripka Arif. (Humas_Talun)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed