oleh

Cegah Kebakaran Hutan, Polisi Himbau Masyarakat Untuk Tidak Buang Puntung Rokok Sembarangan

-Giat Ops-170 views

Polres Pekalongan – Cuaca panas terus melanda seluruh wilayah yang ada di Pekalongan. Dan untuk itu pihak kepolisian menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan hal ini guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Secara umum kita sudah memasuki musim kemarau, untuk itu kami dari kepolisian selalu menghimbau agar masyarakat jangan membakar hutan dalam membuka lahan pertanian. Ini sangat berbahaya bagi kita semua.

“Kita sudah masuk musim kemarau, selain panas angin juga kencang, suhu panas ini akan berdampak mudahnya hutan dan lahan terbakar, makanya hati-hati buang puntung rokok, khususnya bagi warga di perjalanan,” kata Kapolres Pekalongan.

Lebih lanjut Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si menyampaikan bahwa para pelaku pembakaran hutan akan ditindak tegas dan akan dijerat UU RI No 41 tentang kehutanan dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun dan denda Rp 15 Miliar. Sedangkan pelaku pembakaran lahan dijerat UU No 18 Tahun 2004 tentang perkebunan dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp3 Miliar.

“Kita sudah memerintahkan kepada seluruh Polsek jajaran, Sat Binmas dan para Bhabinkamtibmas untuk menyebarkan himbauan ke seluruh desa yang ada di Kabupaten Pekalongan tentang bahayanya kebakaran hutan,” ucap AKBP Wawan.

Dan untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan, dirinya juga akan memerintahkan BPBD Kabupaten Pekalongan meningkatkan kewaspadaan dan terus memberikan sosialisai kepada masyarakat terkait kebakaran hutan. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed