oleh

Cegah  Curat dan Curat, Polsek Lebakbarang Rutin Blue Light Patrol

Polres Pekalongan – Kejahatan bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa mengenal situasi, baik di perkotaan yang ramai maupun di tempat sepi seperti pedesaan dan pegunungan juga tidak mengenal tinggi rendahmya kasta kehidupan masyarakat selama ada niat dan kesempatan bisa terjadi.

Lebakbarang adalah sebuah kota Kecamatan yang kecil dan sepi masuk Kab. Pekalongan yang terletak di pinggiran paling selatan berada di pegunungan dengan wilayah yang sebagian besar berupa hutan serta sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan penderas getah pinus di hutan produksi milik perum perhutani. Untuk menambah penghasilan para petani sebagian besar juga mengelola tanah hutan dengan sistim tumpangsari atau bagi hasil, dalam keseharian pola hidup masyarakatnya sangat sederhana dan bersahaja namun disisi lain masyarakatnya sangat menjunjung tinggi sifat – sifat kejujuran dan kegotong royongan serta sangat menghormati serta memelihara budaya agung para leluhur yang mengedepankan kearifan lokal dalam memecahkan berbagai permasalahan ataupun gesekan yang terjadi di tengah – tengah denyut nadi kehidupan warga masyarakat.

Namun seiring dengan perkembangan jaman di era kemajuan ilmu dan  tehnologi terutama dalam dunia medsos dengan mudahnya internet dapat di akses pada setiap dukuh dan pedesaan  sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan warga masyarakatnya tak terkecuali akibatnya juga sering terjadi tindak kriminalitas berupa pencurian dan tawuran serta tindak pidana lainya.

Untuk mengantisipasi hal – hal tersebut di atas Polsek Lebakbarang tiap malam rutin menerjunkan anggotanya melaksanakan giat Blue light patrol dengan sasaran pemukiman penduduk dan tempat – tempat vital lain dengan maksud dan tujuan mencegah dan menangkal sehingga tercipta situasi yang aman, tertib dan kondusif di wilayah hukum Polsek Lebakbarang, Selasa (23/06/20) dini hari.

Aiptu Sutrisno dan Aiptu Moch Umar dengan mengendarai mobil dinas Backbound keluar masuk pemukiman penduduk dan kontrol serta cek obyek dan tempat – tempat vital lain yang ada  dan selama melaksanakan BLP hingga selesai situasi wilayah hukum Polsek Lebakbarang terdapat aman, tertib dan kondusif. (sutrisno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed