oleh

Cegah Aksi Kejahatan, Polres Pekalongan Bentuk Tim  Leopard

Polres Pekalongan – Guna untuk mencegah aksi kejahatan di wilayah Kabupaten Pekalongan, Kepolisian Resor Pekalongan baru-baru ini telah membentuk suatu Tim khusus reaksi cepat yang diberi nama Tim Leopard, Kamis (8/3/2018).

Tim ini berjumlah kurang lebih 15 personil yang anggotanya dari satuan kerja, seperti Satuan Sabhara, Reserse Kriminal dan Intelkam.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Tim Leopard melakukan kegiatan Patroli menyisir wilayah hukum Polres Pekalongan yang dianggap rawan kejahatan. Bahkan Tim ini bisa masuk ke gang-gang di pemukiman warga untuk memburu pelaku kejahatan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Sabhara AKP Prisandy Tiar, S.T., S.Kom mengatakan, pembentukan Tim pemukul reaksi cepat ini diharapkan nantinya bisa menekan tindak kejahatan. Namun, tim yang terbentuk ini hanya sebatas melakukan pencegahan dan penindakan terhadap kejahatan jalanan, seperti tawuran, balap liar dan pembegalan. “Tim Leopard tidak bisa melakukan penyelidikan,” kata AKP Prisandy

Kasat Sabhara Polres Pekalongan AKP Prisandy Tiar, S.T., S.Kom menambahkan, dalam pelaksanaan tugasnya, Tim Leopard lebih melakukan tindakan prefentif. Namun, jika terdapat indikasi tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban, Leopard bisa dengan sigap melakukan pengejaran terhadap pelaku tindak kejahatan tersebut.

“Setiap anggota Tim Leopard sudah memiliki kemampuan tempur jarak dekat dan teknis penggrebekan, namun Leopard juga bisa melakukan tindakan tegas dengan melakukan tembak di tempat terhadap pelaku kejahatan yang melakukan perlawanan ketika ditangkap yang membahayakan orang lain”, tambah AKP Prisandy.

Ditemui ditempat terpisah Kasat Reskrim Polres Pekalongan AKP Agung mengatakan Tim Leopard dalam kesehariannya mengemban fungsi preventif kepolisian, seperti patroli, pengamanan kegiatan masyarakat, pengamanan kegiatan eksekusi tanah/lahan, antisipasi kejahatan jalanan. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed