Beranda SATWIL Polsek Karangdadap Bhabinkamtibmas Wajib Mengingatkan Jika Pelaksanaan Dana Desa Dirasa Menyimpang

Bhabinkamtibmas Wajib Mengingatkan Jika Pelaksanaan Dana Desa Dirasa Menyimpang

24
BERBAGI

Polres Pekalongan – Kepaala Kepolisian Sektor Karangdadap AKP I Wayan Gelgel menjelaskan tugas Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan dana desa bukan represif tapi pre-emtif, Rabu (10/1/2018).

“Bhabinkamtibmas tidak punya tupoksi untuk represif namun lebih ke pre-emtif edukatif,” jelasnya dalam    nota kesepahaman Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lanjutnya, Bhabinkamtibmas memiliki peran sebagai pengingat apabila dalam pelaksanaan dana desa oleh desa dirasa belum tepat.

“Tugas Bhabinkamtibmas mengingatkan saja, seperti dalam wujud transparansi sudah pasang baliho apa belum dan lain sebagainya,” terangnya.

“Nanti pelaporan ceklis Bhabinkamtibmas setiap minggu. Bhabinkamtibmas ke Polres dari Polres ke Polda,” timpal Kapolsek Karangdadap.

AKP I Wayan Gelgel menegaskan, jangan sampai MoU ini memecah tiga pilar yang sudah solid yaitu Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa.

Sementara, jika ada anggota Bhabinkamtibmas yang terlibat korupsi dana desa, Kapolsek Karangdadap menegaskan anggota tersebut bisa dipecat. (Agus Al)

Editor : Humas Polres Pekalongan

BERBAGI