oleh

Bhabinkamtibmas Polsek Talun Sosialisasi Saber Pungli di SMK Donowangun

Polres Pekalongan – Bhabinkamtibmas Aiptu Tatang Hidayat  melaksanakan sambang dan sosialisasi tentang larangan pungutan liar kepadapelajar dan wali Murid SMK Donowangun  Kecamatan Talun  Kabupaten Pekalongan, Selasa (19/02/2020).

Bertempat di SMK Donowangun  kecamatan Talun , Bhabinkamtibmas Aiptu Tatang Hidayat  mengatakan, “Praktek pungli dan gratifikasi tentunya dapat merusak sendi-sendi kehidupan di masyarakat, berbangsa dan bernegara, maka kami bersama instansi terkait gencar melakukan berbagai upaya diantaranya berupa sosialisasi untuk melakukan pencegahan terjadinya praktek pungli dan jika diperlukan akan bertindak tegas sehingga dapat menimbulkan efek jera kepada para pelaku pungli”, ujarnya.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk pencegahan, pemberantasan pungutan liar (pungli) yang di atur dalam Perpres No 87 Tahun 2016 dan memberikan himbauan tentang pelayanan publik dalam UU No 25 Tahun 2009.

Kegiatan tersebut agar terwujudnya pelayanan publik pada kementrian/lembaga dan pemerintahan daerah yang terbebas dari pungutan liar, meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui transparansi serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan terbebas dari pungli.

Masyarakat merasa nyaman dengan tidak adanya pungutan liar serta agar masyarakat awam lebih mengerti apa itu pungli sehingga tercapai tujuan yang di harapkam pimpinan.

Kapolsek Talun AKP  Edi yuliantoro.S.H., mengingatkan semua personel Bhabinkamtibmas agar tugas-tugas yang memang jadi atensi pimpinan semuanya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Ini merupakan upaya pencegahan nyata dalam pemberantasan pungli dan gratifikasi. Selanjutnya kami pun berharap dengan adanya sosialisasi serta pengawasan maka dapat meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik, sehingga dapat merubah pola pikir dan budaya pungli pada unsur birokrasi layanan publik. Dalam kesempatan ini juga kami berharap kepada seluruh instansi yang melakukan pelayanan masyarakat supaya menghindari pungutan-pungutan liar yang sekiranya melanggar aturan”, pungkas. (Eko_Talun)

Editor : Humas Polres Pekalongan.

Komentar

News Feed