oleh

Bhabinkamtibmas Polsek Kajen Hadiri Pembentukan P2KD

Polres Pekalongan – Pada hari ini Minggu tanggal 21 Juli 2019 Pukul 16.00 s/d 17.20 wib, bertempat di balai Desa Brengkolang telah berlangsung kegiatan pembetukan P2KD oleh BPD Brengkolang.

Hadir dalam giat  tersebut Camat Kajen Agus Purwanto, S. STP, Danramil diwakili kopda Yuhman, 4. Kapolsek kajen diwakilkan Brigadir Hendra Kurniawan, Kades Brengkolang berserta perangkat desa, BPD dan LPMD Desa Brengkolang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Brengkolang.

“Adapun maksud dan tujuan dibentuknya panitia pemilihan kepala desa atau P2KD adalah untuk menjaga ketertiban dan kelancaran selama proses pemilihan kepala desa sehingga akan berjalan dengan lancar dan aman, karena para calon kepala desa sudah memahami tata tertibnya,” kata Brigadir Hendra Kurniawan selaku Bhabinkamtibmas Desa Brengkolang.

Sementara itu dalam sambutannya, kepala desa Brengkolang mengatakan dengan adanya pembentukan pemiliahan P2KD tahun 2019 jangan sampai nanti ada yang tidak adil.

“Saya selaku kepala desa berharap pemilihan kepala desa disikapi dengan bijaksana,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Kajen menyampaikan bahwa sebentar lagi akan ada hajat besar yaitu pilkades. Sekarang pemilihan pilkades akan dilaksanakan pada tanggal 13 November 2019 210 Desa yang akan melaksanakan pilkades serentak di Kab. Pekalongan.

“Ada empat tahap dalam pilkades yaitu persiapan, pencalonan, pencalonan ulang dan pemungutan suara. Dan menjadi P2KD harus netral tidak memihak kepada salah satu calon,” katanya.

Lebih lanjut, persyaratan bagi calon kades harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Pancasia sebagai dasar Negara, berijazah pendidikan minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat dengan dibuktikan foto copy ijazah dan legalisir. Selain itu harus berumur minimal 25 tahun,tidak berkedudukan sebagai ketua atau anggota partai politik serta adanya surat pernyataan tidak pernah menjabat sebagai kepala desa sebanyak 3 kali dan lain-lain.

“ Untuk pilkades tahun ini diharapkan tidak ada politik uang,” tambahnya.

Pembentukan P2KD yg dipimpin oleh Ketua BPD desa Brengkolang dan telah disepakati 9 anggota P2KD dengan ketuanya Sutarmin, sekertaris sudara Darji, bendahara saudari Murniti dengan anggota     Ahmad mudofar, Wahirin, Siswanto, Ayu Jayanti, Luwiyah dan M. Subhan.

Brigadir Hendra mengatakan selama kegiatan Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di balai desa Brengkolang Kec. Kajen berjalan aman dan kondusif. (hms sek kjn)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed