Beranda SATWIL Polsek Karangdadap Bhabinkamtibmas Karangdadap Bantu Mengaduk Kompos dan Kotoran Kambing untuk Media Tanaman Bersama...

Bhabinkamtibmas Karangdadap Bantu Mengaduk Kompos dan Kotoran Kambing untuk Media Tanaman Bersama Warga

43
BERBAGI

Polres Pekalongan – Bhabinkamtibmas desa Kedungkebo Polsek Karangdadap Brigadir Miftakhul Hudy membantu warga dalam mengaduk kompos dan kotoran kambing untuk media tanaman warga desa Kedungkebo, Selasa (12/12/2017).

“Untuk pembuatan kompos dari limbah peternakan kambing, bahan-bahannya bisa kotoran kambing atau dengan tambahan bahan-bahan organik lainnya, misalnya sisa-sisa pakan yang terbuang tadi,” ujar Brigadir Miftakhul Hudy.

Sebelum membantu mengaduk pupuk kompos memanfaatkan kotoran kambing terlebih dahulu Bhabinkamtibmas desa Kedungkebo Brigadir Miftakhul Hudy menjelaskan dari segi kemanfaatannya yaitu banyak sekali dan keuntungan apabila memanfaatkan kotoran kambing menjadi pupuk kompos atau pupuk kandang. “Manfaatnya antara lain mengurangi jumlah penyimpanan limbah peternakan, mengurangi bau yang diakibatkan oleh tumpukan kotoran kambing, menghilangkan patogen yang terdapat dalam kotoran ternak, Biji-bijian gulma menjadi mati, mempermudah dalam pengangkutan dan pupuk kompos dapat memperbaiki tanah, pengomposan kotoran ternak dapat melepaskan unsur-unsur hara yang dapat langsung dimanfaatkan oleh tanaman,” ujarnya lagi.

Arahan tersebut di tindaklanjuti oleh warga desa Kedungkebo untuk dapat mengolah kotoran kambing menjadi kompos yang bisa digunakan untuk pupuk pada tanaman segala macam yang rencana warga memamai lahan polyback.

Dengan peran aktif anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan himbauan kepada masyarakat untuk mengolah kotoran kambing menjadi kompos dan tidak membuangnya akan menambah pengetahuan masyarakat tentang pengolahan cara membuat pupuk kompos yang baik ramah lingkungan efektif sehingga kebersihan dan kelestarian lingkungan dapat terjaga. (Agus Al)

Humas Polres Pekalongan

BERBAGI