oleh

Bhabinkamtibmas Ajarkan Cuci Tangan Yang Benar Menurut WHO

Polres Pekalongan – Mencegah virus Corona (COVID-19) dapat dilakukan dengan beberapa cara. Hal tersebut meliputi pola hidup sehat, menjaga kebersihan, konsumsi makanan sehat, olahraga, hindari interaksi secara langsung, dan lain sebagainya.

Salah satu yang terbukti cukup ampuh adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan adalah tindakan yang cukup mudah untuk dilakukan. Banyak tidak diketahui, terdapat beberapa langkah dalam mencuci tangan yang benar.

Bhabinkamtibmas Polsek Karangdadap, Polres Pekalongan Bripka Andi nugroho, Amd. Kep mengajarkan cara mencuci tangan yang benar menurut World Health Organisation (WHO) di desa Kebonsari Kecamatan Karangdadap saat melaksanakaan sambang desa, Senin (30/3/2020).

“Walau terlihat sepele, cuci tangan ini banyak manfaatnya, selain terhindar bakteri dan kuman, cuci tangan juga bisa terhindar dari penyebaran virus corona,” ungkapnya.

Ada 6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO  diantaranya tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar, usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian serta letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Menurut penelitian terbaru, bahwa mencuci tangan di anjurkan memakai air mengalir dan sabun, sedangkan menggunakan cairan anti septik dan hand sanitazier juga baik tetapi  tidak di anjurkan pemakaian dalam jangka lama. (andi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed