oleh

Berita Hoax Di Medsos Terpantau Oleh Polisi Dan Dihubkominfo

Polres Pekalongan – Kasat Reskrim Polres Pekalongan AKP Poniman,S.H., melalui Kanit Idik II Sat Reskrim IPDA Taufik beserta anggota melakukan koordinasi dengan DINHUBKOMINFO Kab.Pekalongan guna antisipasi adanya berita Hoax pada media sosial terkait penyebaran virus covid 19 yang terjadi di wilayah hukum Kab.Pekalongan.

Kita perlu mendiskusikan langkah-langkah antisipasi pencegahan berita hoax di kalangan masyarakat, agar tidak mudah percaya atas isu-isu yang belum tentu kebenarannya, Karena sejauh ini informasi yang kita dapatkan daerah yang telah menyebutkan ada korban akobat virus corona semakin bertambah, walaupun belum menimbulkan kematian. Pada saat di cek di RS rujukan Kab.Pekalongan belum ada pasien positif corona, sehingga berita-berita di media sosial adalah Hoax.

DINHUBKOMINFO Kab.Pekalongan juga akan mengambil langkah bahwa apabila ditemukan berita bohong kembali  yang mereka ciptakan di media sosial yang sudah sangat meresahkan dan menimbulkan kepanikan di masyarakat terkait penyebaran virus corona di Indonesia, akan segera dilaporkan kepada Pihak Kepolisian.

Motifnya bermacam-macam tentang berita hoax tidak hanya korban corona, tapi pada intinya mereka juga ingin berita yang mereka sebarkan akan menimbulkan kepanikan dan cukup meresahkan seperti naiknya harga jahe dan jamu tradisional sebagai obat corona.

DINHUBKOMINFO sendiri mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya atas beredarnya berita-berita yang tersebar melalui media sosial.

Pentingnya dilakukan koordinasi dan kerjasama kaitan dengan informasi tersebut. Berita Hoax tersebut dapat dicek ke cyber, Unit Idik II SAT RESKRIM yang nantinya akan menyatakan apakah akan dilanjutkan ke proses hukum atau bagaimana. Tapi yang jelas apabila ada laporan dari DINHUBKOMINFO akan di tindaklanjuti.

Diharapkan kepada masyarakat semakin cerdas melihatnya, makanya selalu memberikan edukasi agar tidak terpengaruh.

Editor : Humas Polres Pekalongan.

Komentar

News Feed