oleh

Awass!! Tak punya KTA, Satpam Tak Boleh Tugas

-Sat Binmas-33 views

Polres Pekalongan — Kepolisian Resor Pekalongan dalam upaya menertibkan satpam yang tak bersertifikat terus bergulir. Setelah mengumpulkan data perusahaan dan instansi yang menggunakan jasa Satuan Pengamanan ternyata masih ada banyak satpam yang belum memiliki sertifikat.

Kasat Binmas memerintahkan Kanit Binkamsa Aiptu Supiaji dan anggotanya untuk menyisir instansi maupun perusahaan yang menggunakan jasa satpam yang belum terakreditasi dan miliki kartu KTA Satpam. Namun, setelah disisir ada 26 satpam yang belum melakukan pelatihan.

“Mereka (26 orang security) belum memiliki sertifikat, KTA serta belum pernah mengikuti pelatihan. Begitu juga saat berdinas kedapatan tidak mengenakan seragam satpam,” ujar Kanit Binkamsa.

Supiaji menegaskan, satpam tidak bersertifikasi itu sama artinya mempekerjakan preman. “Sesuai perintah Kapolres Pekalongan, premanisme harus diberantas. Begitu juga satpam tidak profesional atau tidak bersertifikasi  termasuk dalam kategori premanisme,” tegasnya.

Terkait satpam tak bersertifikasi itu, Polres Pekalongan memberikan surat peringatan pertama kepada manajemen dan kepala Instansi sekaligus meminta agar mempekerjakan satpam profesional dan memiliki kualifikasi serta pernah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

“Apabila peringatan tidak diindahkan pihak manajemen maka kami akan melakukan tindakan tegas. Kami juga meminta seluruh instansi agar mempekerjakan satpam bersertifikasi,” tegas Aiptu Supiaji. (zam)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed