oleh

Awasi Dana Desa, Bhabinkamtibmas Cek Neraca Anggaran Pembangunan Desa

Polres Pekalongan  –  Guna meminimalisir penyimpangan anggaran dana desa tahap dua yang sudah mulai digunakan, Bhabinkamtibmas desa Kedungkebo Brigadir Miftakhul Hudy mengecek neraca anggaran yang dipegang kaur keuangan desa Kedungkebo terkait dengan tugas baru mereka mengawasi dan menindak penyimpangan penggunaan dana desa, Selasa (19/12/2017).

Kapolsek Karangdadap AKP I Wayan Gelgel mengatakan “tugas baru anggota kepolisian di tingkat Polsek atau kecamatan mengawasi serapan dana desa memaksa mereka belajar neraca anggaran. Jika selama ini tugas polisi lebih berfokus pada menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kini mereka harus memahami neraca anggaran dan penggunaan dana di lapangan,” ujar AKP I Wayan Gelgel.

Kemampuan membaca anggaran ini, menurut Kapolsek Karangdadap harus dimiliki anggota polisi yang bertugas sebagai Babinkamtibmas. Keberadaan mereka sehari-hari di lingkungan desa dan kelurahan diharapkan bisa menekan potensi kebocoran penggunaan dana desa oleh perangkat desa atau kelurahan. Apalagi nilai keuangan yang dikelola perangkat desa dalam program tersebut sangat besar.

Sebagai langkah awal, sengaja Polsek Karangdadap melakukan pengecekan ini guna memberi ruang sempit akan terjadinya penyimpangan anggaran dari pemerintah ke desa yang dari tahun ketahun semakin meningkat. (Agus Al)

Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed