oleh

Antisipasi Penyebaran COVID-19, Kapolsek Karangdadap Cek Data Pemudik

Polres Pekalongan – Meski sudah ada larangan mudik saat pandemi virus corona atau COVID-19, nyatanya hingga kini tercatat lebih dari ribuan pemudik kembali ke wilayah Jawa Tengah.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, Kapolsek Karangdadap Iptu Bambang S, S.H turun langsung ke lapangan untuk mendata para pemudik dan memeriksa di posko siaga COVID-19 yang didirikan di beberapa titik di masing – masing desa di wilayah kecamatan Karangdadap, Selasa (5/05/2020).

Para pemudik itu tiba dari sejumlah kota besar, diantaranya DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Timur dan kota lainnya.

Menurut keterangan Iptu Bambang, prodesur yang diterapkan oleh tim dari posko covid yang didirikan di masing-masing desa, begitu datang para pemudik, pemudik langsung diperiksa kesehatan dan suhunya.

“Kalau suhunya di atas 38 derajat celsius, akan diarahkan ke puskesmas. Kalau normal (suhunya), akan dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” jelasnya.

Iptu Bambang juga mengatakan bahwa mendata para pemudik yang dilakukannya merupakan usaha dalam menekan penyebaran COVID-19.

“Data tersebut akan di kumpulkan dalam satgas gugus depan covid kecamatan kemudian akan dipilah-pilah ada dan tidaknya keluhan yang menyertai,” tegasnya.

Kebetulan Kapolsek bersama camat Karangdadap dan Danpos Koramil Karangdadap sebagai penanggung jawab dalam satgas penanganan percepatan COVID-19 kecamatan Karangdadap.

Menurut Kapolsek, dengan banyaknya jumlah pemudik yang datang ke Kabupaten Pekalongan, khususnya wilayah kecamatan Karangdadap, potensi penularan virus corona juga akan lebih besar.

Namun, dengan tingkat kesadaran yang tinggi untuk melakukan isolasi mandiri, waspada, dan menjaga jarak, menurutnya, potensi itu akan bisa dikendalikan. (andi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed