oleh

Antisipasi Penerbangan Balon Udara, Kapolres Pekalongan Laksanakan Patroli

-Giat Ops-211 views

Polres Pekalongan – Kepala Kepolisian Resor Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si bersama dengan Kasatgas Turbinjali, Kapolsek Kedungwuni dan Kasi Propam melaksanakan patroli guna antisipasi penerbangan balon udara oleh masyarakat di wilayah Kedungwuni, Sabtu (16/6).

AKBP Wawan Kurniawan menyampaikan jika selama ini, di Kabupaten Pekalongan, masyarakat punya tradisi melepaskan balon udara saat momen-momen tertentu seperti saat lebaran ini.

Kapolres Pekalongan menghimbau agar masyarakat tidak menerbangkan balon udara, dikarenakan akan mengganggu jalur udara yang akan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Dalam beberapa kejadian, balon udara berdimensi besar tetap mampu mengangkasa hingga di ketinggian jelajah terbang pesawat. Hal ini tentu sangat membahayakan penerbangan pesawat tersebut,” kata AKBP Wawan.

AKBP Wawan juga menegaskan bahwa Pelepasan balon tanpa izin ini, bisa mendapat ancaman pidana. Dalam Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 Pasal 421 ayat (2) menyatakan setiap orang membuat halangan (obstacle), dan atau melakukan kegiatan lain di kawasan keselamatan operasi penerbangan yang membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 210 dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar. (ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed