oleh

Antisipasi Karhutla, Kapolsek Talun Patroli Hutan Jolotigo

Polres pekalongan – Memantapkan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), dibawah panas terik matahari pada siang ini Kapolsek Talun AKP Edi Yuliantoro, S.H mengendalikan anggota dalam pelaksanaan pagelaran patroli mobiling diwilayah hukum, Minggu (9/8/2020).

Dari pelaksanaan tugas patroli tersebut, mereka menggelar mobiling di daerah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Yang mana kali ini terpantau singgah di kawasan hutan Perhutani Jolotigo.

Sebelummnya, petugas patroli Polsek Talun mobiling ke area wilayah hukum yang dianggap rawan kebakaran, dan ketika masuk di kawasan Jolotigo, anggota patroli turun dan mengamati dengan seksama sekeliling lokasi hutan Perhutani di kawasan Desa Jolotigo tersebut.

Ketika ditemui usai pelaksanaan tugas patroli, Kapolsek Talun mengatakan,  mengingat saat sekarang adalah musim kemarau panjang dan disitu pasti sangat rawan kebakaran, mengingat tanaman dikawasan hutan adalah pohon pinus, maka kami laksanakan mobiling ke tempat atau lokasi yang rawan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.

“Disini wilayah hukum Polsek Talun Polres Pekalongan, terdapat banyak sekali titik-titik lokasi yang rawan kebakaran hutan dan juga lahan. Karena sebagian besar merupakan hutan lindung juga produksi yang masih banyak pohon pinus sebagai tanaman utamanya,” kata AKP Edi Yuliantoro.

“Dengan adanya hal tersebut, sebelumnya kami sudah melakukan kerjasama dengan pihak Perhutani dan masyarakat yang tergabung dalam LMDH untuk bersama melakukan penjagaan terhadap kawasan hutan agar tetap terjaga kelestariannya, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat apabila membersihkan daun kering dikawasan lahan tidak dengan cara membakar,” tambahnya.

“Guna meminimalkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sangat diperlukan upaya bersama dalam mencegah atau mengantisipasi timbulnya Karhutla di wilayah hukum. Yang paling utama adalah sekali lagi, jangan membersihkan area hutan dengan cara membakar, karena sangat dan sangat rawan sekali,” tegas AKP Edi Yuliantoro.

Mudah-mudahan diwilayah kami tidak terdapat kebakaran hutan, tukasnya. (faroz)

Editor : Humas Polres pekalongan

Komentar

News Feed