Anggota Staf Polres Pekalongan mengawal jamaah haji kloter 7

    87
    BERBAGI
    Personil Polres Pekalongan sudah bersiap kembali untuk melakukan penjemputan karena pesawat sudah mau mendarat (09/09/17 Pkl. 03.45 wib.

    POLRES PEKALONGAN – Sabtu tanggal 9 September 2017 Polres Pekalongan menerjunkan anggota staf untuk mengawal jamaah haji dari asrama haji sampai dengan rumah dinas bupati Pekalongan.

    Anggota staf yang kesehariannya berada di kantor mengerjakan hal-hal administratif, diterjunkan untuk melakukan pengawalan jamaah haji yang selesai melaksanakan ibadah haji. Kabagren Polres Pekalongan Kompol Sulistiyo, S. H. memberikan APP (Arahan Pimpinan Pasukan) kepada anggotanya yang akan melaksanakan tugas “laksanakan tugas pengawalan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan membawa senjata api genggam diharapkan tetap humanis kepada masyarakat dan waspada jangan sampai senjata tertinggal atau diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk itu usahakan senjata menempel dengan badan,dan dengan tambahan alat komunikasi berupa pesawat Handy talky hubungi tim pengawalan depan apabila terjadi sesuatu dalam perjalanan. “

    Petugas pengawal di bekali dengan pesawat Handly Talky (HT) dan senjata api genggam untuk 8 pendamping bus dan senjata bahu untuk 2 pengawal barang.

    “komunikasikan apapun yang terjadi dalam perjalanan waspada jangan tidur dalam pelaksanaan pengawalan,kalau Melaksanakan pengawalan jangan tidur dan kalau tidur jangan melaksanakan pengawalan apalagi sebagai pengawal duduk di depan terlihat dari luar dengan mulut terbuka itu memalukan “canda Kabagren.

    Kegiatan pengawalan yang direncanakan pukul 03.00 WIB sudah berangkat dari asrama haji donohudan Solo diundur 2 jam karena pesawat mengalami delay sehingga keluar dari asrama pada pukul 05.00 WIB,sebelum berangkat petugas melaksanakan absensi jamaah serta kelengkapan barang bawaan membantu menuntun jamaah lansia sampai tempat duduknya,menberikan himbauan agar tidak dijemput sebelum sampai rumah dinas bupati dan apabila mendadak ingin ke toilet agar menghubungi petugas dan petugas akan melaporkan kepada tim pengawal depan dan berdoa sebelum perjalanan dipimpin oleh ketua rombongan.

    Baca Juga : Sekilas Pengamanan Perjalanan Kepulangan Jamaah Haji Kab.Pekalongan

    Sebanyak 8 Bus Pandawa 87 serta 7 mobil kecil dan ambulance yang dikawal dengan mobil lalu lintas untuk membuka jalan dan mobil dishub untuk memantau keadaan jumlah mobil serta melaporkan kondisi dengan Handly talky yang saling terintegrasi dari depan sampai belakang sehingga memudahkan pengemudi kendaraan mengetahui apa yg terjadi di depan apakah ada perbaikan jalan atau informasi saat berbelok.

    Dalam perjalanan sempat berhenti di SPBU boyolali dan rest area tol karena jamaah haji ada yang ingin ke toilet karena toliet yg jumlahnya sedikit dan jamaah haji yang banyak mengakibatkan antrian agak lama terhenti dan di chek and rechek jumlah jamaah yang naik bus dan melanjutkan perjalanan menuju rumah makan Kurnia Jawa Timur Kendal untuk melaksanakan makan pagi sampai dengan pukul 09.30.

    Bus Pandawa 87 yang dilengkapi dengan Telolet untuk memberikan peringatan pada saat persimpangan jalan sehingga tidak ada kendaraan di luar jamaah haji yang masuk dalam rangkaian pengawalan.

    Sampai di Rumah Dinas Bupati Pekalongan tepat pukul 11.30 jamaah haji turun dan disambut keluarganya dengan tangis haru,dalam tugas pengawalan berjalan lancar jamaah yang kembali dalam keadaan lengkap dan selamat meskipun ada yang naik ambulance dan barang bawaan lengkap.(yan ren) /HUMAS POLRES PEKALONGAN

    BERBAGI