oleh

Anggota Polsek Wiradesa Memberi Pendidikan Kelalulintasan Kepada Anak Sekolah Saat Pengaturan Arus Lalulintas

Polres Pekalongan – Dengan cuaca extrem menimbulkan berbagai macam kejadian salah satunya kerusakan jalan pantura wilayah Kabupaten Pekalongan.

Dengan kerusakan jalan pantura berupa banyaknya lobang jalan membuat para pengemudi ektra hati-hati dalam mengemudikan kendaraannya agar tetap selamat dalam perjalana , hal ini mengakibatkan menumpuknya arus lalu lintas karena rata-rata pengendara angkutan besar / berat memperlambat laju kendaraannya hingga kendaraan yang lebih kecil harus mengikuti untuk tidak menabrak / terjadi kecelakaan lalulintas.

Dengan padatnya arus lalulintas di jalur pantura menimbulkan kerawanan kepada anak-anak sekolah dasar yang menyeberang jalan pada saat berangkat dan pulang sekolah.

Melihat arus pantura yang padat dan adanya siswa sekolah dasar yang hendak menyeberang jalan di pertigaan Pos PML Wiradesa, Kasi Humas Polsek Wiradesa Aiptu Martikno segera melakukan pengaturan arus lalulintas.

Dalam kegiatannya mengatur arus lalulintas dan menyeberangkan anak sekolah dasar tersebut Aiptu Martikno memberikan bekal pengetahuan kepada anak yang diseberangkan tersebut.

Menyeberang jalan dilakukan dengan berjalan dan tidak bergura , di tempat ini saat adik-adik hendak menyeberang tengoklah ke kanan dan jika terlihat sepi baru menyeberang ketika di tengah saat di pembatas jalan berhenti dahulu lalu menengok ke kiri dan jika terlihat sepi baru meneruskan menyeberang lagi. Lebih baik saat menyeberang julurkan tangan kanan keatas agar adik-adik dapat dilihat oleh pengendara yang ada agar mereka mengetahui adik adik sedang menyeberang lalu mereka mengurangi kecepatan dan berhenti sejenak.

“Pendidikan kelalulintasan diberikan sedini mungkin kepada anak-anak agar lebih cepat merubah budaya masyarakat untuk bisa hidup tertib di jalan hingga bisa mengurangi angka kecelakaan secara signifikan,” terang Kasi Humas. (martikno)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed