oleh

Anggota Polsek Kajen Hadiri Rapat Tindak Lanjut Jawaban Permohonan Tinjau Ulang SHM no 01314 Desa Gejlig

Polres Pekalongan – Kami(1/2/18) Kanit Binmas Polsek Kajen dan bhabinkamtibmas hadiri rapat pembahasan SHM no 01314 Gejlig.

Dalam rapat tersebut Kepala Desa Gejlig memberikan arahan bahwa untuk melindungi aset tanah negara & tanah desa & untuk meminimalisir gejolak masyarakat perlu diadakan rapat ini. SHM No 01314 telah diterbitkan BPN seluas 2.385 M2 namun sesuai NOB tanah Desa gejlig seluas 1.700 M2 selisih 685 M2 merupakan tanah GG atau tanah negara yang berada di wilayah Desa gejlig Namun bukan aset tanah Desa gejlig.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut Pemdes meminta pertimbangan ketua BPD dan anggota apakah akan mengajukan gugatan hukum atau menerima dengan konsekuensi harus menghormati pemilik tanah yang SHM telah dikeluarkan BPN.

Untuk itu Bripka Mukti Utama, S.H selaku Bhabinkamtibmas desa Gejlig menghimbau agar Pemdes segera laksanakan konsultasi ke bagian hukum dan pemerintahan / bantuan hukum, apakah dalam penerbitan SHM tersebut terjadi Mal administrasi,

“Konsultasikan mekanisme perubahan status tanah negara menjadi SHM sesuai dengan hukum peralihan hak atas tanah dan hukum agraria. agar semua pihak menghormati keputusan hukum yang telah diambil” saran Bripka Mukti Utama, S.H.

Kapolsek Kajen AKP Legito, S.H menyarankan kepada kepala desa  untuk segera konsultasikan legal standing desa sebagai penggugat karena tanah GG tersebut merupakan tanah negara bukan tanah Desa.(juli)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed