oleh

AKBP Wawan Kurniawan S.H, S.I.K, M.Si Pimpin Upacara Kehormatan Renungan Suci di TMP Bhakti Wiratama

-Giat Ops-57 views

Polres Pekalongan – Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan S.H, SI.IK, M.Si memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Bhakti Wiratama. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Jumat (17/8/18) pukul 00.00 WIB.

Kapolres bersama dengan Bupati Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan S.H, S.I.K, M.Si serta unsur Forkopimda, anggota DPRD Kabupaten Pekalongan tiba di TMP Bhakti Wiratama pukul 23.45 WIB. Kapolres menjadi Inspiktur Upacara dalam kegiatan tersebut.

Pasukan upacara renungan suci terdiri dari masing-masing 1 Pleton TNI -AL, Kodim 0710 Pekalongan, Polsek Jajaran Polres Pekalongan, ASN dan Sat Pol PP Kabupaten Pekalongan.

Pada kesempatan Upacara kehormatan renungan suci kali ini Kapolres membacakan pidato dari Presiden RI Ir. Joko Widodo. Dalam pidatonya Presiden meminta masyarakat Indonesia turut mengenang para pahlawan yang jasad dan tempatnya yang tidak dikenali, yang berada di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” ucap Kapolres saat membacakan akhir dari pidato Presiden. Upacara kehormatan kemudian ditutup dengan pembacaan doa.

Upacara Kehormatan renungan suci sendiri adalah salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya dan bukan hanya sebagai rutinitas tapi juga tempat untuk merenungkan hakekat kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan yang telah bersusah payah memperjuangkannnya.(wwn)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed