oleh

Kanit Samapta Polsek Paninggaran; Dan Patroli Kamtibmas Dialogis

Polres Pekalongan – Pemeliharaan kamtibmas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan metode pemberdayaan masyarakat, dalam istilah yaitu pemolisian masyarakat dimana secara personal maupun kelompok masyarakat diharapkan dapat ikut menjadi agen – agen pemeliharaan kamtibmas di wilayah kerja kepolisian setempat.

Proses pemolisian masyarakat akan tercapai manakala terjalin komsos/ komunikasi sosial secara baik dan berkelanjutan dengan aset yang ada di lapangan. Komunikasi dijalin atas dasar rasa kesadaran dan saling timbal balik terkait himbauan, pencegahan bahkan upaya represif penegakan hukum terhadap potensi gangguan kamtibmas, dengan pola komunikasi berupa edukasi, sosialisasi dan diskusi/ dialogis dengan masyarakat secara langsung di lapangan terkait ruang lingkup pemeliharaan kamtibmas di lingkungannya.

Personil Polsek Paninggaran Bripka Sigit S. selaku Ps. Kanit Samapta bersama anggota melaksanakan kegiatan patroli wilayah dialogis di sepanjang jalan raya Paninggaran, Rabu (15/09).

Sasaran patroli berupa orang, tempat serta aktifitas kemasyarakatan dengan menggunakan sarana Mobil Patroli Backbone.

Dalam kesempatan patroli tersebut, disampaikan imbauan kamtibmas, edukasi terkait protokol kesehatan serta dialogis salah satunya dengan komunitas tukang ojek Paninggaran.

“Maksud dan tujuan patroli kamtibmas dialogis adalah untuk memberikan rasa aman kepada seluruh warga masyarakat dalam aktifitas serta pekerjaan masing – masing, termasuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas seperti misalnya pencegahan tindak kejahatan jalanan, dan aktifitas lain yang mengarah kepada peristiwa pelanggaran seperti mengganggu ketertiban umum,” tutur Kapolsek AKP Nurcholis dalam kesempatan berbeda.

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif Untuk Indonesia Maju. (Humas SekPng _Sigits)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed