oleh

Dukung Program Penghijauan Pantai, Bhayangkari Cabang Pekalongan Tanam Bibit Pohon Mangrove Di Pantai Wonokerto

-Giat Ops-46 views

Polres Pekalongan – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke- 69 tahun 2021 , Bhayangkari Cabang Pekalongan melaksanakan penanaman bibit pohon magrove di Kawasan Pantai Wonokerto Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan  beberapa hari lalu, Jum’at (15/10/2021)

Ketua Bhayangkari Cabang Pekalongan Ny. Retno Ayu Arief Fajar  bersama pengurus Bhayangkari Cabang Pekalongan terjun langsung melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove tersebut bersama Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H.,, PJU Polres dan Personel Polres Pekalongan yang telah ditunjuk.

Ketua Bhayangkari Cabang Pekalongan Ny. Retno Ayu Arief Fajar  mengatakan kegiatan penanaman Mangrove tersebut untuk medukung program pemerintah sekaligus program  Polda Jateng “Mageri Segoro” terkait penghijauan pantai dengan penanaman pohon di daerah pesisir.

“Penanaman pohon  mangrove ini adalah sebagai upaya untuk menyelamatkan lingkungan di sepanjang pesisir pantai dari abrasi serta untuk menjaga ekosistem laut, mengurangi emisi karbon dan merehabilitasi hutan di pesisir pantai Wonokerto Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan,” ujar Ny Retno, Minggu (17/10/2021).

Sementara itu Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan, Pelindung dan pemulihan ekosistem mangrove merupakan langkah penting dalam upaya untuk mengurangi resiko bencana pada saat perubahan iklim. Dengan adanya program yang diluncurkan Polda Jawa Tengah, “Mageri Segoro” akan ada sejuta pohon mangrove yang serentak ditanam di sepanjang pesisir di Jawa tengah sebagai upaya mengatasi abrasi,” tutur AKBP Arief.

“Magari Segoro” itu sendiri berarti memberikan pagar lautan dengan tanaman mangrove yang bertujuan mencegah abrasi, mengurangi emisi karbon dan menjaga ekosistem di pesisir. Adapun program tersebut dilaksanakan secara serentak di 16 Polres jajaran Polda Jateng dan dilaksanakan bertahap sampai akhir Desember 2021 dengan target penanaman 1 juta pohon mangrove di pesisir pantai Utara dan pantai selatan provinsi Jateng.

Selain kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh Kapolres dan Pengurus Bhayangkari Cabang Pekalongan, kegiatan tersebut di akhiri dengan pemberian Bhakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat setempat. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed