oleh

Cegah Virus Corona, Polsek Karangdadap Gandeng Puskesmas

Polres Pekalongan – Corona Covid-19 yang makin merebak ini, orang-orang berusaha menjaga diri mereka supaya terhindar dari infeksi virus tersebut. Bagi orang yang mengalami gejalanya, sebaiknya mereka segera memberitahu pihak berwenang untuk ditangani lebih lanjut.

Untuk mengetahui lebih detail gejala dan penyebab tentang virus corona, Kapolsek Karangdadap, Iptu Bambang Sutrisno, S.H memerintahkan Kanit intelkan Polsek Karangdadap, Aiptu Diono untuk berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Karangdadap, Selasa (10/03/2020).

Aiptu Diono bertemu langsung dengan Kapala Puskesmas Karangdadap, drg. Asmui untuk menggandeng tentang bagaimana cara penanganan virus yang berasal dari wuhan, daratan china.

Drg. Asmui menjelaskan bahwa sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan anda terinfeksi virus ini yaitu hindari bepergian ke Cina atau ke negara lain yang telah ditemukan adanya penularan virus Corona.

“Gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di tempat umum atau keramaian.Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan,” ujarnya.

Drg. Asmui  juga menambahkan untuk menghindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya.

“Masak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi. Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan,” lanjutnya.

“Selain itu juga hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit serta jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan,” tegasnya.

“Intinya kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh melalui olah raga teratur, pola hidup sehat dan makan makanan yang sehat dan bergizi, bila ada gangguan kesehatan segera hubungi petugas kesehatan,” terang kepala puskesmas Karangdadap. (andi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed