oleh

Beyond Call Of Duty dan Pelaksanaan Tugas Bhabinkamtibmas Polsek Paninggaran

Polres Pekalongan – Pemeliharaan keamanan dan penegakan hukum merupakan tugas pokok serta fungsi polri baik secara personal maupun kelembagaan yang telah diamanahkan dalam UU RI Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia. Sikap dan perilaku prediktif, responsif dan transparansi berkeadilan adalah bentuk ideal polri dimasa kini, sesuai dengan program Kapolri “Polri Presisi”.

Masyarakat yang heterogen, dengan dinamika demografi dan karakteristik masing – masing daerah telah menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan tugas anggota sehari – hari dalam berkomitmen untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Profesionalisme, modern, adaptif dan penuh inovasi dalam koridor aturan hukum yang berlaku, merupakan faktor penting dalam megimplementasikan pelaksanaan tugas di wilayah. Komunikatif, cakap dan berwawasan merupakan pola komunikasi humanistik dalam memberikan pemahaman hukum agar tercipta sikap dan perilaku masyarakat yang taat kepada norma hukum yang berlaku.

Dalam tata kelola organisasi polri terdapat instrumen tersebut yaitu Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang selama ini dianggap cukup efektif dalam Binharkamtibmas, dikarenakan selama ini merupakan lini terdapan yang mampu terjun dan berkolaborasi secara langsung dengan masyarakat dalam menciptakan situasi masyarakat yang aman, kondusif, berkemanfaatan dan selaras dengan seluruh program serta kebijakan pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah.

Bekerja penuh semangat dan responsif adalah salah satu cirinya, seperti sewaktu – waktu ikut berperan serta dalam mengatasi permasalahan masyarakat yang terjadi pada desa binaan masing – masing, personil bhabinkamtibmas akan dengan sigap dan akurat ikut mencegah atau menanggulanginya demi tercipta situasi kamtibmas yang kondusif. Adapun inovasi dan terobosan lain adalah dengan terbentuknya Posko Problem Solving di masing – masing desa binaan.

Disisi lain, personil bhabinkamtibmas juga nengemban fungsi pengamanan, pengawalan serta monitoring pada kegiatan – kegiatan kemasyarakat yang bersifat urgensi, seperti pada hari Selasa (07/09) Kapolsek Paninggaran AKP Nurcholis bersama anggota yaitu Kanit Binmas BRIPKA Carno dan anggota bhabinkamtibmas AIPDA Dwi Atmojo telah melaksanakan kegiatan pengamanan dan pengawalan program vaksinasi untuk masyarakat di Puskesmas Paninggaran. Secara umum sampai dengan selesai kegiatan terdapat aman, lancar dan kondusif.

Kapolsek menjelaskan bahwa suksesnya kegiatan vaksinasi masyarakat bergantung pada peran serta masyarakat dan seluruh pihak terkait seperti tenaga kesehatan yang memberikan fasilitas dan layanan tersebut. Ucapan terimakasih Kapolsek kepada masyarakat atas jalannya kegiatan vaksinasi hari ini yang berjalan lancar dan tertib.

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif Untuk Indonesia Maju. (Humas SekPng _Sigits)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed