oleh

Bertindak Tegas, Polsek Bojong Sita Sejumlah Balon Udara Dan Petasan

Polres Pekalongan – Setelah melalui berbagai upaya preemtif dan preventif berpatroli secara mobiling melakukan edukasi serta imbauan-imbauan kamtibmas kepada warga masyarakat namun tidak diindahkan, maka Polsek Bojong Polres Pekalongan sengaja melakukan tindakan tegas berupa razia melakukan penyitaan sejumlah balon udara terbuat dari bahan plastik berbagai macam ukuran dan sejumlah petasan, Kamis (20/05/2021) pagi.

Perlu diketahui bersama, bahwa menerbangkan balon udara sembarangan tanpa ijin merupakan salah satu aktivitas yang melanggar hukum, yaitu sesuai peraturan mentri perhubungan Nomor 40 Tahun 2018 tentang larangan menerbangkan balon udara tanpa awak dan pelanggarnya bisa dikenakan sanksi pidana sesuai ketentuan Undang Undang yang berlaku. Termasuk UU No. 01 tahun 2009 tentang Penerbangan bunyi pasal 411 ancaman pidana kurungan selama 2 tahun dan denda paling banyak Rp. 500.000.000,- hal ini diatur secara ketat demi mewujudkan keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Razia ini sebagai bentuk tindakan tegas menindaklanjuti imbauan kamtibmas yang sudah kami laksanakan sejak sebulan lalu selama bulan Ramadhan baik sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri 1442 H. Sejumlah personil Polsek Bojong dikerahkan melalui giat door to door patroli mobiling sambang dialogis, pemasangan pamflet dan juga lewat media sosial, dengan harapan bahwa tidak boleh lagi menyalakan petasan menerbangkan balon udara tanpa awak mengingat bahaya yang ditimbulkan untuk keselamatan bersama”, ucap AKP Suhadi, S.H.

“Tanpa sedikitpun mengurangi nilai-nilai tradisi masyarakat dalam merayakan budaya syawalan, kami merasa sosialisasi larangan menerbangkan balon udara tanpa awak pada saat perayaan tradisi syawalan sebenarnya sudah cukup efektif, dibuktikan dengan volume balon udara yang  diterbang masyarakat di angkasa sudah jauh berkurang dibandingan beberapa tahun yang lalu. Kamipun selalu berharap warga masyarakat semakin sadar dan proaktif membantu melakukan pencegahan agar balon udara tidak diterbangkan secara sembarangan”, pungkasnya. (riF_ttnt)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed