oleh

BERKEMBANG ISU WATU BALE AKAN RUNTUH DAN MELULUH LANTAKAN PEDUKUHAN, WARGA PANIK

Polres Pekalongan –  pukul 19.30 wib Aiptu Sutrisno Kasi Humas Polsek bersama Serma Supomo Babinsa Koramil mendatangi rumah Bpk Warnadi ketua Rt Dk sidorejo Rt 91 / Rw 02 Ds Sidomulyo – Lebakbarang dalam rangka memberikan himbauan kepada warga dukuh setempat yang termakan isu bahwa watu bale akan runtuh dan meluluhlantakkan pedukuhan mereka, karena akibat dari isu yang berkembang tersebut sudah ada 2 keluarga yang mengungsi, yaitu Bpk Cahyadi (43th) dan keluarga mengungsi ke DsTembenggunung dan Bpk Faturohji (45th) mengungsi ke Dk Kumenyep Ds sidomulyo. Selasa, (18/12/18)

Watu bale adalah sebuah batu sebesar rumah yang berada di puncak bukit diatas pedukuhan Sidorejo Ds Sidomulyo Lebakbarang, isu tersebut diawali oleh cerita dari sdri. Siru (51th) yang menceritakan bahwa ada salah seorang warga mendapat wangsit bahwa watubale dalam waktu dekat ini akan ngglundung/ runtuh serta meluluhlantakan pedukuhan dan warganya, cerita dari sdri. Siru tersebut berkembang dari mulut ke mulut sehingga membuat panik seluruh warga pedukuhan sehingga membuat 2 keluarga mengungsi dan beberapa warga saling tuding dan menyalahkan satu sama lain.

Dihadapan beberapa warga yang hadir di rumah ketua RT setempat Aiptu Sutrisno secara bergantian dengan Serma Supono menjelaskan kepada warga bahwa isu tersebut tidak benar dan menghimbau warga agar tidak panik, namun warga tetap diminta untuk waspada, karena saat ini musim hujan dan longsor tanah bisa terjadi sewaktu. – waktu.

Atas penjelasan dan himbauan tersebut warga dapat memahami dan mengerti dan selanjutnya di hadapan Bpk Tanoyo Sekdes dan ketua RT warga saling bersalaman serta memaafkan.

“Jangan mudah percaya dengan kabar dan berita yang belum tentu kebenaranya, apalagi di tahun Politik seperti sekarang ini, di media sosial banyak beredar dan berkembang berita bohong atau hoax, untuk itu bapak ibu sekalian sekali lagi jangan mudah percaya kepada berita atau kabar yang belum tentu kebenaranya atau hoax” imbuh Aiptu Sutrisno sebelum pamit dan meninggalkan rumah ketua RT.(kris)

Editor : Humas Polres Pekalongan

News Feed