oleh

Adab Dan Pengabdian, Polsek Paninggaran Bersama Warga Atasi Bencana Longsor

Polres Pekalongan – Wilayah Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan khusunya terjadi curah hujan disertai angin dengan intensitas cukup tinggi, potensi tersebut dapat menimbulkan kerawanan bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang yang berdampak pada korban jiwa maupun materi.

Secara geografis wilayah Paninggaran merupakan daerah dengan kontur tanah pegunungan dan perbukitan termasuk sebagian besar wilayah daratan merupakan wilayah hutan, baik hutan produksi maupun hutan lindung yang diampu oleh KPH Pekalongan Timur. Disisi lain banyak permukiman penduduk yang berada di wilayah perbukitan baik diatas maupun dibawah bukit, sehingga keadaan tersebut sangat berpotensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang yang berakibat pada korban jiwa maupun materi. Adapun peristiwa tersebut dapat menimbulkan gangguan kamtibmas bagi warga masyarakat.

Seperti halnya pada hari Minggu tanggal 31 Oktober 2021 sore hari personil Polsek Paninggaran dipimpin Aipda Dwi Atmojo selaku Bhabinkamtibmas bersama anggota yang lain melaksanakan kegiatan kemanusiaan dimana bergotong royong bersama warga Desa Sawangan membersihkan material longsoran tanah yang menutupi badan jalan utama desa, akibatnya menghambat mobilisasi warga masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan. Bencana tersebut tergolong ringan oleh karena tidak menimbulkan korban baik jiwa maupun materi, terjadi setelah wilayah Paninggaran diguyur hujan dengan intensitas curah hujan cukup tinggi dari siang hari.

Kapolsek AKP Nurcholis dalam kesempatan lain menjelaskan bahwa seluruh unsur Forkompincam Kec. Paninggaran beserta jajarannya selama ini sudah siap secara bersama – sama untuk mencegah serta menanggulangi bencana alam apabila terjadi sewaktu – waktu, doa dan kebersamaanlah yang menjadi kunci utama selama ini dalam pemeliharaan kamtibmas khusunya di wilayah Kec. Paninggaran Kab. Pekalongan.

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Produktif Untuk Indonesia Maju. (Humas SekPng _Sigits)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Komentar

News Feed